-->

Cara Setting IP Static Di Linux Ubuntu

Post a Comment



Assalamuallaikum wr.wb


semalem tidur jam 3, skrg bangun lagi jam 6 -__- (curhatTS).
Pagi gan ?, cara ini sudah banyak di temukan di blog bule / indo / forum bule / forum indo / grup" anu. tapi ngga ada salahnya kalau gw share juga di blog saya.

Tutorial ini gw buat karena kemaren ada praktek membuat sebuah jaringan dengan kabel UTP dan HUB, client server ? . tapi OS yang di pake adalah jendela, karna gw anti biasa .., gw pake aja linux. ok langsung saja



1) analisa interfaces kabel yang kita gunakan

mii-tool

biasanya terlihat dengan nama "eth0", "eth1", dst.


2) setting IP lewat terminal, semisal disini saya memberikan IP pada interfaces "eth2"

root@mrgep:~# sudo ifconfig eth2 192.168.0.13 netmask 255.255.255.0


itu IP kelas C, sesuaikan sendiri kelasnya ^_^


3) setting IP dengan meng-edit "/etc/network/interfaces"

root@mrgep:~# cd /etc/network/

ls , untuk melihat file "interfaces", sekarang edit file'nya dengan editor kesayangan anda, "nano - rekomendasi"

sudo nano interfaces

isi seperti di bawah ini, sesuaikan dengan punya anda

auto eth1
iface eth1 inet static
        address 192.168.1.13
        netmask 255.255.255.0
        network 192.168.1.0
        broadcast 192.168.1.255
        gateway 192.168.1.9
        dns-nameservers 8.8.8.8


sekian postingan dari saya semoga bermanfaat ^_^ ~

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter