-->

Manual Connect 3G Modem In Ubuntu

2 comments
Assalamuallaikum wr.wb



[BACKGROUND]

2009 - 2010 , adalah tahun dimana gw mengawali memakai linux, dan linux yg pertama gw pakai adalan distro ubuntu. saat menggunakan linux, gw masih bingung cara meng-connect-kan modem, cari-cari di forum akhirnya nemu. gw praktekin dan akhirnya mau nyambung.

Ditahun skrg connect modem mah tinggal mencet-mencet doang, setting apn, bla bla bla .. dan connect. memang skrg linux dimudahkan pemakaiannya. 

tutorial ini gw buat agar user baru juga tau gimana dulu connect modem pake wvdial / sakis 3G. Langsung saja :


1. Paket-paket yg dipelukan adalah wvdial dan usb_modeswitch. bisa maen" ke warnet buat download ini, atau sekedar ingin mencoba ? langsung saja dari terminal

sudo apt-get install wvdial usb_modeswitch


2. konekan modem ke laptop / pc , tunggu sekitar 7 sampai 10 detik, lalu ketikan

lsusb


dan memunculkan output seperti gambar dibawah




yg saya blok  itu adalah vendor ID dan produk ID, bawaan dari modem.


3. skrg edit config dari  usb_modeswitch.

nano /lib/udev/rules.d/40-usb_modeswitch.rules


CTRL + F masukan kata kunci "Huawei", jika modem yg digunakan huawei.





copy dan paste .., cocokan vendor ID dan produk ID.





4. konfigurasi file wvdial-nya

wvdialconf /etc/wvdial.conf





manual juga bisa ..

nano /etc/wvdial.conf





5. setelah semua selesai, tinggal konekan saja

wvdial & disown




Sekian dan terimakasih .

Related Posts

2 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter